Beberapa Rujukan Skenario Pembelajaran Berbasis Student Center Learning

Beberapa Rujukan Skenario Pembelajaran Berbasis

Student Center Learning

Oleh Nyoman Dantes

  1. Struktur Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP)

Kurikulum berbasis kompetensi pada hakikatnya menuntut adanya pengalaman belajar/kegiatan pembelajaran yang terfokus pada mahasiswa, karena kompetensi merupakan suatu kemampuan yang berupa pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai yang dikuasai oleh mahasiswa, dan bisa ditunjukkan secara riil dalam unjuk kerja (performance). Kata kunci dari definisi itu bahwa : seseorang dikatakan kompeten bila yang bersangkutan mampu melakukan
(able to do) mengenai kemampuan yang dimaksuh. Seorang (mahasiswa) bisa melakukan sesuatu kemampuan tertentu nantinya, apabila dalam pembelajarannya mahasiswa memang mendapatkan pengalaman yang terkait (melakukan secara langsung) dan berkelanjutan sifatnya. Karena dari hal itulah terimplementasi empat pilar pembelajaran/pendidikan yaitu, learning to know, learning to do, , learning to be, learning to live together. Jadi Student Center learning sebenarnya adalah skenario yang harus disusun oleh dosen secara eksplisit maupun implisit yang dapat diterjadikan dalam pembelajaran, yang merupakan perujudan dari silabus – ke – SAP- menjadi skenario perkuliahan.

1. Silabus, merupakan rencana pembelajaran dalam satu semester pada satu/ suatu kelompok mata pelajaran tertentu, yang minimal mencakup Standar kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian, dan Materi Pokok. Berikut dikemukakan contoh silabus satu mata pelajaran yang umum sifatnya, sbb :

Silabus Berbasis Kompetensi

Jurusan/ Ps :

Mata Kuliah    : Metodologi Penelitian Kuantitatif

Kode        :

SKS     : 4 (Sks)

Semester    : V (Empat)

Prasayarat    : Statistika Dasar

Statistika Lanjut

Standar Kompetensi :Menguasai konsep dan Praksis Penelitian ( Riset) dalam bidang

…………

No

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian

Materi Pokok

1

2

3

4

1. 1.Memahami berbagai jenis dan metode riset

2.Mampu merancang riset dalam bidang ………..

1.Dapat menjelaskan, konsep, prinsip-prinsip dan metode riset

2.Mampu menjelaskan dan memahami desain riset, dapat mendeskripsikan dan memahami spektrum riset dalam alur bagan dan kaitan dg fokus penelitian dan manfaat hasilnya

3.Mampu menjelaskan, memahami dan melakukan kajian teori, kajian empirik dan penyusunan kerangka pikir dlm konstelasi variabel dlm rangka perumusan hipotesis

4.Dapat menentukan pendekatan dan penentuan subyek riset

5. Dapat menentukan prosedur dan pengembangan metode pengumpulan data

6.Dapat menentukan teknik dan prosedur analisis data

7.Melaksanakan penafsiran hasil riset dan melakukan riset artificual

1.1Konsep dasar riset

1.2Pendekatan riset kuantitatif

  1. Desain riset kuantitatif

2.2 Spektrum Penelitian

2.3 Latar belakang dan identifikasi masalah

  1. Perumusan masalah/fokus

penelitian

  1. Perumusan tujuan dan manfaat hasil riset
  1. Kajian teori dlm rangka perumusan grand teori dasar kajian variabel penelitian
  2. Kajian empirik hasil penelitian relevan.
  3. Perumusan kerangka pikir dan perumusan hipotesis.

4.1.Jenis pendekatan dlm riset

4.2 Subyek riset : populasi dan sampel

5.1 Jenis metode dan prosedur pengumpulan data

5.2 Prosedur penyusunan instrumen riset

6.1 Teknik analisis data kuantitatif

6.2 Teknik analisis data kualitatif

7.1 Penafsiran hasil riset

7.2 Penyusunan proposal riset

7.3 Melakukan riset artificial.



2. Satuan Acara Perkuliahan (SAP), merupakan penjabaran dari Silabus. SAP disusun berdasarkan pengelompokan materi/rincian materi yang dapat disampaikan dalam satu kali atau beberapa kali pertemuan. Untuk pembelajaran di Perguruan Tinggi, butir-butir yang terkandung di SAP minimal sebagai berikut.

Satuan Acara Perkuliahan (SAP)

I.IDENTITAS MATA KULIAH

Jurusan        :

Mata Kuliah     :Metode Penelitian Kuantitatif

Kode            :

Sks            : 4 Sks

Semester        : V

Prasayarat    : Statistik Dasar

Statistik Lanjut

II DESKRIPSI MATA KULIAH : Mata Kuliah ini membahas tentang berbagai jenis metode riset, rancangan riset yang menyangkut desain riset kuantitatif, beserta uraian dari spektrumnya

Minggu ke

Standar Kompetensi

Kompetesi Dasar

Materi Pokok/ Rincian Mater

Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Media/Sumber

1

2

3

4

5

6

7

I

II+III

IV+V

VI

VII+VIII

IX

X

XII

XIII

XIV

XV

XVI

Menguasai konsep dan Praksis Penelitian (Riset) dlm bidang pendidikan dan sosial
1. Memahami berbagai jenis dan metode riset

2.Mampu merancang riset dlm bidang pendidikan dan sosial


1.1Konsep dasar riset

1.2Pendekatan riset kuantitatif

  1. Desain riset kuantitatif
  1. Spektrum Penelitian
  1. Latar belakang dan identifikasi masalah
  1. Perumusan masalah/fokus penelitian
  1. Perumusan tujuan dan manfaat hasil riset
  1. Kajian teori dlm rangka perumusan grand teori dasar kajian variabel penelitian
  1. Kajian empirik hasil penelitian relevan.
  1. Perumusan kerangka pikir dan perumusan hipotesis.

U T S

2.9 Jenis pendekatan dlm riset

2.10Subyek riset : populasi dan sampel

2.11 Jenis metode dan prosedur pengumpulan data

2.12Prosedur penyusunan instrumen riset

2.13 Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif

2.15 Penafsiran hasil riset

2.16Penyusunan proposal riset

2.17 Melakukan riset artificial

U A S

Mengkaji konsep dan prinsip-prinsip riset

Mengkaji berbagai pendekatan dan metode riset

Mengkaji desain riset kuantitatif

Mengkaji spektrum penelitian

Mencari fakta dan kajian logika/ konsep yg relevan dg masalah riset.

Membuat rumusan masalah/fokus riset.

Merumuskan tujuan dan manfaat riset

Berlatih menyusun kerangka teori /grand teori yg menjadi dasar kajian variabel penelitian

Berlatih memilih dan meramu kajian empirik yg relevan dg variabel riset

Berlatih menyusun kerangka pikir keterkaitan antar variabel sesuai dg jenis konstalasi variabel

Berlatih merumuskan berbagai jenis hipotesis dan tipe kesalahan uji hipotesis

Mengkaji jenis pendekatan dlm riset

Mengkaji dan mendiskusikan subjek riset dg berbagai teknik yg sesuai dg konteks riset.

Mengkaji berbagai jenis dan prosedur pengumpulan data

Berlatih menentukan , mengkaji, dan menyusun instrumen riset

Mengkaji dan memilih teknik analisis data yg sesuai dg karakteristik riset dan konstalasi variabel

Berlatih penafsiran hasil riset dr studi empirik yg relevan

Menyusun proposal sbg embrio proposal Tugas Akhir

Berlatih melakukan penelitian dlm skop kecil

4×50 mnt

2x4x50 mnt

2x4x50 mnt

4×50 mnt

2x4x50 mnt

4×50 mnt

4×50 mnt

4×50 mnt

4×50 mnt

4×50 mnt

4×50 mnt

(studi mandiri+ tersetruktur, secara bertahap dilaporkan dlm portofolio)

4×50 mnt


1.Power Point

2.Metode Statistika (Dr Sujana)

3.Statistik 3 (Prof Sutrisno Hadi)

4.Analisis Regresi (Prof Sutrisno Hadi)

5.Analisis Varians (Prof Dantes)

6.Korelasi dan Analisis Regresi Ganda-Terjemahan Nurcahaya (Fred N Kerlinger & E.J.Penhazur)

7.Mutiple Regression in Behavioral Research (Fred N Kerlinger & E.J.Penhazur)

8.Managemen Penelitian (Suharsimi Arikunto)

9. Metodologi Research 1,2,3,4 (Sutrisno Hadi)

10. Conducting Educational Research (Tuckman)

Hasil studi empirik sebelumnya (Skripsi/hasil riset)


III.PENILAIAN & ASSIGNMENT

A.Penilaian Proses (bobot 60 %)

1. Partisipasi dan aktivitas dalam mengikuti perkuliahan

2. Aktivitas dan kegairahan dalam mencapai karya terbaik dalam Asesmen Portofolio (sesuai dg assigment yg diberikan)

B.Penilaian Produk (bobot 40 %)

1.Ujian Tengah Semester

2.Ujian Akhir Senester

II Skenario Perkuliahan

Skenario Perkuliahan merupakan sintaks perkuliahan yang dikelola dosen dan terwujudkan dalam perkuliahan / pembelajaran secara riil. Skenario perkuliahan ini dapat disusun oleh dosen secara eksplisit maupun implisit, dan dapat diterjadikan oleh dosen dalam pembelajaran secara riil. Skenario perkuliahan merupakan perujudan dari silabus ke SAP menjadi scenario perkuliahan. Dikatakan eksplisit, karena bagi dosen yang belum berpengalaman, scenario pembelajarannya sebaiknya (mungkin harus) ditulis langsung langkah-langkah (sintaksnya) yang akan ditempuh, tapi bagi dosen yang sudah berpengalaman (kompetensi pedagogiknya sudah baik) , skenario pembelajaran bisa tidak terdeskripsi secara detail (sudah sangat cukup pointers saja).

  1. Langkah-langkah (sintaks) Pembelajaran/Perkuliahan

Pengelolaan pembelajaran/perkuliahan, secara umum menyangkut langkah sbb : (a) Pendahuluan, (b) Kegiatan Inti, (c) Kegiatan Penutup. Secara deskripsi teoretik sintaks tersebut dijabarkan sbb:

1) Pendahuluan

Keterlibatan (engagement)

Engagement merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk memfokuskan perhatian mahasiswa agar mereka siap untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan dalam tahap keterlibatan, antara lain melalui pemberian pertanyaan-pertanyaan pemicu oleh dosen kepada mahasiswa untuk mengkaitkan pengalaman belajar atau pengetahuan awal mahasiswa dengan tujuan/indicator pencapaian kompetensi atau cakupan materi yang akan dipelajari.

(2) Inti

Eksplorasi

Eksplorasi merupakan kegiatan dalam berupaya mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari. Topik/tema materi didasarkan pada Silabus dan SAP. Eksplorasi dilakukan berdasarkan panduan atau langkah-langkah pemandu yang telah disiapkan dosen/ ditentukan bersama mahasiswa dengan memanfaatkan beraneka sumber belajar yang tersedia. Beragam pendekatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menantang, menyenangkan, dan memotivasi serta menarik minat mahasiswa diterapkan dalam kegiatan eksplorasi. Langkah-langkah pemandu yang disiapkan dosen mencerminkan langkah-langkah kegiatan belajar yang esensial untuk berbagai ranah pembelajaran. Dalam ranah pengetahuan (kognitif), di antara langkah belajar perlu ada kegiatan mengkaji dan menganalisis topik/tema materi. Dalam ranah keterampilan (psikomotor), di antara langkah belajar perlu ada kegiatan praktek melakukan keterampilan yang dipelajari. Sementara itu, dalam ranah sikap (afektif), di antara langkah belajar perlu ada kegiatan menghayati melalui berbagai aktivitas, misalnya pemodelan, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dll.

Dalam eksplorasi mahasiswa terlibat dalam kegiatan belajar yang kooperatif dan kolaboratif melalui pembuatan peta konsep, diskusi, mendengarkan pendapat secara cermat dan kritis, mencari informasi di internet, membaca buku acuan atau media cetak lainnya, mendengarkan informasi melalui kaset atau radio, menonton informasi visual melalui video atau siaran televisi, melakukan apresiasi, melakukan observasi di alam sekitarnya, melakukan percobaan-percobaan di laboratorium atau studio. Mahasiswa, secara individual maupun secara kelompok, membuat catatan dan menulis laporan proses eksplorasi yang dilakukan. Dalam kegiatan eksplorasi, dosen berfungsi sebagai nara sumber yang menjawab pertanyaan mahasiswa jika mahasiswa memperoleh kesulitan, yang memberi acuan informasi kepada mahasiswa untuk melakukan eksplorasi lebih jauh, atau memberikan motivasi kepada mahasiswa yang kurang berpartisipasi aktif.

Elaborasi

Elaborasi merupakan kegiatan mahasiswa untuk menyampaikan hasil eksplorasi yang telah dilakukan secara lebih teliti, cermat dan rinci. Elaborasi dilakukan dalam bentuk penyajian hasil kerja kelompok, pameran produk yang dihasilkan mahasiswa dalam eksplorasi, atau turnamen antar kelompok. Dalam kegiatan elaborasi, mahasiswa memberikan komentar dan pertanyaan yang bersifat konstruktif terhadap hasil kerja yang disampaikan oleh temannya. Di samping itu, dalam elaborasi, mahasiswa juga melakukan pengecekan hasil eksplorasi yang telah dilakukan terhadap sumber-sumber acuan lain yang tersedia.

Konfirmasi

Konfirmasi merupakan kegiatan interaktif antara dosen sebagai nara sumber ahli/ fasilitator dengan mahasiswa untuk memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi. Dalam kegiatan ini, dosen juga dapat memanfaatkan berbagai sumber acuan untuk memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi mahasiswa. Sementara itu, mahasiswa melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan. Dari kegiatan konfirmasi, mahasiswa akan mencapai kebermaknaan belajar dari pengalaman belajar yang telah dijalankan. Dampak pengiring dari kegiatan konfirmasi adalah rasa ingin tahu untuk menindaklanjuti kegiatan eksplorasi lebih luas dan lebih dalam.

(3) Penutup

Penilaian hasil belajar

Penilaian hasil belajar merupakan kegiatan pendidik bersama mahasiswa untuk mengukur hasil yang diperoleh dari proses belajar. Hasil belajar diwujudkan dalam berbagai bentuk tugas mandiri yang dapat dipamerkan, diobservasi, atau dikumpulkan dalam portofolio mahasiswa. Di samping itu, pengukuran hasil belajar juga dapat dilakukan melalui tes tertulis, tugas-tugas yang menunjukkan kumpulan kompetensi yang telah dicapai mahasiswa, atau unjuk kerja. Hasil penilaian proses pembelajaran ditindaklanjuti dengan memberikan pembelajaran remedial, pengayaan, atau penugasan baik secara individual maupun kelompok. Di samping pada kegiatan penutup, penilaian proses juga dapat dilakukan pada saat kegiatan inti.

b.Contoh Skenario Perkuliahan berbasis SCL

Skenario Perkuliahan (SP)

Berbasis SCL

Mata Kuliah    :Metode Penelitian Kuantitatif

Kode        : …………………………………….

Sks        : 4 Sks

Semester    : V

Download Tulisan

Posted on September 30, 2009, in Tulisan. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. selamat pagi prof

    saya mahasiswa s2 kelompok smp 3 denpasar…….. tulisan prof semua sudah saya download mohon tulisan ditembah tentang : Kreativitas
    kebetulan saya mengambil judul terkait dengan kreativitas
    mohon informasi tesis yang relevan dengan kreativitas ……..saya mencoba akan mengembangkan instrumen ttg krreativitas
    terima kasih
    wasalam
    sukiawan

  2. selamat pagi prof
    terima kasih makalahnya….. makalah tahun 2010 mana nihhhh
    kalo bisa tentang PBL dong

  3. Dear Prof,

    it’s useful to be able download some articles of yours, but word press does not present perfect performance of your blog.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: